Selasa pagi (31/10) Nagari Ranah Palabi melakukan persiapan kunjungan tim penilai lomba Transparasi Dana Desa Tingkat Kabupaten. Ranah Palabi mengikuti penilaian Transparasi Dana Desa tingkat Kabupaten mewakili Kecamatan Timpeh setelah melewati seleksi yang cukup ketat dari Tim Penilai Lomba Transparasi Dana Desa tingkat Kecamatan Timpeh, tim penilai juga melibatkan pendamping desa dan pendamping lokal desa Kecamatan Timpeh.

Tim penilai Transparasi Dana Desa tingkat Kabupaten terdiri dari DPMD Kabupaten, Tenaga Ahli kabupaten, Perwakilan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia). “Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi nagari untuk menginformasikan penggunaan dana desa secara akuntable dan trasparan” ujar Hasto Kuncoro Kutua Tim Penilai lomba Transparasi Dana Desa Tingkat Kabupaten.

Kegiatan penialian transparasi dana desa ini dikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Dharmasraya, dan nantinya akan ada satu nagari menjadi wakil Kabupaten untuk mengikuti lomba transaparasi dana desa di tingkat Provinsi. Penilain yang dilakukan berupa pengecekan terhahdap dokumen dokumen yang berkaitan dengan dana desa, berupa dokumen penjaringan aspirasi masyarakat dalam pembuatan RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) Nagari, dokumen rencana kerja pemerintahan (RKP) tahun berjalan, Rencana Anggaran Belanja Nagari (APBN) tahun berjalan, Laporan Penggunaan Dana Desa oleh Nagari serta wawancara langsung dengan perwakilan masyarakat tentang informasi Dana Desa. (idc)

Bagikan Berita